Mengenal Pengertian Kebidanan: Apa itu Kebidanan? Sejarah dan Peran Bidan!

Ilustrasi Gambar Kebidanan Dalam Apa Itu Kebidanan Pengertian Sejarah Dan Peran Bidan Dalam Kehamilan
Ilustrasi Gambar Kebidanan Dalam Apa Itu Kebidanan Pengertian Sejarah Dan Peran Bidan Dalam Kehamilan

Apa itu Pengertian Kebidanan, Sejarah Kebidanan dan Peran Bidan dalam Kebidanan? Ya, Kebanyakan orang tahu bahwa bidan ada hubungannya dengan melahirkan bayi, tetapi setelah itu segalanya menjadi lebih kabur bagi banyak orang. Selain itu Kebidanan adalah hal yang berbeda dengan Keperawatan.

Wanita yang umumnya sehat dan hamil normal dirawat oleh Perawat Bidan Bersertifikat. Bidan Perawat dan Dokter yang sering bekerja bersama untuk wanita yang memiliki masalah kesehatan atau beberapa komplikasi selama kehamilan, sementara lebih banyak pasien berisiko tinggi dirawat oleh dokter. Baiklah, dalam postingan kali ini Kami akan membahas mengenai apa itu Kebidanan secara lengkap.

Apa itu Kebidanan?

Di banyak negara, Kebidanan adalah profesi medis yang khusus untuk pendidikan spesialis independen dan langsung, tidak boleh dikacaukan dengan spesialisasi medis, yang tergantung pada pelatihan umum sebelumnya. Seorang profesional di kebidanan dikenal sebagai bidan.

Tinjauan dari Cochrane 2013 menyimpulkan bahwa, sebagian besar wanita harus ditawari model kontinuitas yang dipimpin kebidanan dan wanita harus didorong untuk meminta opsi ini meskipun kehati-hatian harus dilakukan dalam menerapkan saran ini kepada wanita dengan komplikasi medis atau obstetri yang substansial. Tinjauan tersebut menemukan bahwa perawatan yang dipimpin bidan dikaitkan dengan pengurangan penggunaan epidural, dengan episiotomi yang lebih sedikit atau kelahiran instrumental, dan penurunan risiko kehilangan bayi sebelum usia kehamilan 24 minggu. Namun, perawatan yang dipimpin oleh kebidanan juga dikaitkan dengan rata-rata lama persalinan yang diukur dalam beberapa jam.

Pengertian Kebidanan

Pengertian Kebidanan adalah segala sesuatu yang mencakup perawatan wanita selama kehamilan, persalinan, dan periode postpartum, serta perawatan bayi baru lahir. Kebidanan mencakup langkah-langkah yang bertujuan mencegah masalah kesehatan pada kehamilan, deteksi kondisi abnormal, pengadaan bantuan medis bila perlu, dan pelaksanaan tindakan darurat tanpa bantuan medis.

Lihat Juga :  Mengenal Pengertian Keperawatan: Apa itu Keperawatan? Jenis, Proses dan Tugas Perawat!

Sejarah Kebidanan

Dalam membahas apa itu Pengertian Kebidanan, kita juga harus mengenal sedikit terkait sejarah dari Kebidanan ini. Di Mesir kuno, kebidanan adalah pekerjaan wanita yang diakui, sebagaimana dibuktikan oleh Papirus Ebers yang berasal dari Tahun 1900 hingga 1550 SM.

Mulai awal Tahun 1800-an, keluarga kelas menengah mulai menggunakan dokter untuk melahirkan. Ketika anestesi menjadi lebih banyak digunakan menjelang akhir 1800-an dan awal Tahun 1900-an, pengiriman mulai bergeser ke rumah sakit. Pada 1900, dokter menghadiri sekitar setengah dari kelahiran yang ada. Sedangkan, Bidan hanya digunakan untuk mereka yang tidak mampu membayar dokter. Selama boom ekonomi pada awal 1920-an, wanita kelas atas dan menengah lebih memilih dokter, daripada bidan “kelas bawah”.

Pada Tahun 1950-an, ada 88% (delapan puluh delapan) persen kelahiran terjadi di rumah sakit, meningkat menjadi 97% (sembilan puluh tujuh persen) pada 1960-an. Namun, selama ini pendidikan formal untuk bidan perawat dan konsep asuhan maternitas yang berpusat pada keluarga diperkenalkan di bidang kebidanan. Kebangkitan dalam bidang kebidanan bermunculan pada Tahun 1970-an bersamaan dengan gerakan perempuan. Kaum feminis berpendapat bahwa persalinan adalah hal yang wajar, dan rawat inap dan pengawasan oleh dokter tidak diperlukan.

Saat ini, Bidan dalam Kebidanan adalah profesional berpendidikan tinggi dan berspesialisasi yang bekerja bersama dokter kandungan untuk memberikan perawatan kesehatan wanita dan persalinan yang holistik.

Peran Kebidanan

Ilustrasi Gambar Bidan Dalam Apa Itu Kebidanan Pengertian Sejarah Dan Peran Bidan Dalam Kehamilan
Ilustrasi Gambar Bidan Dalam Apa Itu Kebidanan Pengertian Sejarah Dan Peran Bidan Dalam Kehamilan

Bidan akan memberikan sebagian besar perawatan antenatal Anda jika Anda berencana untuk melahirkan di unit bersalin publik. Anda mungkin juga menemui bidan saat janji temu dengan dokter kandungan swasta. Untuk kelahiran yang direncanakan, Anda mungkin akan melihat bidan yang sama (atau tim kecil) sepanjang kehamilan Anda.

Lihat Juga :  Penjelasan Pengertian Ners: Apa itu Ners? Definisi, Sejarah dan Perbedaan Lulusan Ners dengan Lulusan Lainnya!

Mengacu pada apa itu Pengertian Kebidanan di atas, Bidan merupakan sebuah Profesi, lalu apa saja peran Bidan dalam kehamilan? Di bawah ini adalah Peran-Peran Kebidanan dalam kehamilan yang harus Anda ketahui:

1. Peran Kebidanan dalam Kehamilan

Adapun hal-hal yang biasa dilakukan Bidan dalam masa kehamilan adalah:

  • Meriksa kesehatan, pertumbuhan, dan posisi bayi Anda
  • Memberi saran atau bantuan dengan pemesanan rumah sakit dan tes dan pemeriksaan rutin
  • Memberi Anda dukungan dan saran
  • Membantu Anda mempersiapkan persalinan dan kelahiran

2. Peran Bidan dalam Persalinan dan Kelahiran

Bidan akan mendukung Anda melalui persalinan dan kelahiran. Adapun Peran Bidan dalam Persalinan dan Kelahiran adalah:

  • Memberi Anda informasi, dorongan dan dukungan emosional
  • Memantau kemajuan Anda dan usulkan strategi untuk membantu persalinan Anda
  • Memantau detak jantung bayi dan tanda-tanda lainnya
  • Menawarkan Anda penghilang rasa sakit, atau mengatur dokter untuk memberikannya
  • Meminta dan Mendapatkan bantuan medis tambahan jika diperlukan

Jika Anda mengalami persalinan tanpa komplikasi di rumah sakit umum atau pusat persalinan, bidan Anda biasanya akan membantu persalinan dan kelahiran bayi Anda. Anda mungkin tidak memiliki bidan yang sama merawat Anda untuk seluruh proses persalinan. Seorang dokter kandungan dapat dipanggil jika ada komplikasi.

Di rumah sakit swasta, bidan Anda akan memberi tahu dokter kandungan Anda tentang perkembangan Anda dan memanggil mereka untuk melahirkan. Jika Anda memilih melahirkan di rumah, bidan Anda akan mengatur proses persalinan dan kelahiran Anda. Mereka mungkin perlu memanggil ambulans untuk membawa Anda ke rumah sakit jika timbul komplikasi yang memerlukan intervensi medis. Bidan tidak bisa memberikan epidural, yang mana hal tersebut hanya dapat diberikan di rumah sakit oleh ahli anestesi.

Lihat Juga :  Penjelasan Pengertian Ners: Apa itu Ners? Definisi, Sejarah dan Perbedaan Lulusan Ners dengan Lulusan Lainnya!

3. Peran Bidan Setelah Bayi Lahir

Bidan Anda akan merawat Anda dan bayi Anda segera setelah kelahiran. Bidan, atau dokter Anda, akan memeriksa apakah Anda kehilangan banyak darah atau perlu dijahit. Peran Bidan Setelah Bayi Lahir, termasuk:

  • Membantu Anda menyusui dan mengatur bayi Anda
  • Menunjukkan kepada Anda cara memandikan bayi dan mengganti popok
  • Memberikan penghilang rasa sakit jika diperlukan (atau mengatur dokter untuk menyediakannya)
  • Melakukan beberapa tes kesehatan rutin, seperti skrining bayi baru lahir

Setelah Anda pulang, bidan mungkin mengunjungi Anda di rumah. Setelah melahirkan di rumah, bidan Anda biasanya akan mengunjungi Anda setiap hari selama beberapa hari. Beberapa bidan juga akan tersedia untuk memberikan saran melalui telepon selama beberapa minggu pertama. Perawat kesehatan anak lokal Anda, yang banyak di antaranya adalah bidan, juga dapat mengunjungi Anda di rumah dan menemui Anda untuk bertemu secara teratur ketika anak Anda tumbuh.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan mengenai apa itu Kebidanan, Pengertian Kebidanan dan Sejarahnya dan Apa saja Peran Kebidanan di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Pengertian Kebidanan adalah ilmu kesehatan dan profesi kesehatan yang berhubungan dengan kehamilan, persalinan, dan periode pascapersalinan (termasuk perawatan bayi yang baru lahir), selain dari kesehatan seksual dan reproduksi wanita sepanjang hidup mereka.

Penutup

Demikianlah pembahasan Kami kali ini yang membahas tentang apa itu Kebidanan, Pengertian Kebidanan dan Sejarahnya serta Apa saja Peran Kebidanan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan